17.2.13


Mengambil screenshoot di layar komputer memang mudah. Anda bisa melakukan hal tersebut tanpa menggunakan aplikasi tambahan dengan memakai fasilitas tombol printscreen pada keyboard. Namun, terdapat sebuah aplikasi capture gambar bernama FastStone Capture yang layak untuk Anda coba.
Screen Capture Software
Aplikasi capture ini sanggup menghasilkan berbagai jenis file, dari file dengan ekstensi BMP, GIP, JPEG, PCX, PNG, TIFF dan file dengan format PDF. Ukuran dari installer aplikasi ini pun tidak terlalu besar. Untuk FastStone Capture versi terbaru, yakni versi 7.2, Anda hanya memerlukan ruang kosong di hard disk sebesar 2.30 MB. Selain itu, untuk bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini secara penuh, Anda diharuskan untuk membayar lisensi sebesar $19.95 USD.
Tampilan dari aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan terkesan tidak akan mengganggu aktivitas Anda. Anda hanya akan melihat jendela kecil berukuran tak kurang dari 10 cm x 1 cm.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain adalah:
Capture Active Window
Fitur yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshoot dari window atau jendela apikasi yang sedang Anda gunakan.
Capture Window/Object
Fitur yang satu ini berbeda dengan fitur Capture Active Window. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan bebas memilih jendela atau window yang ingin Anda ambil screenshootnya.
Capture Reactangular Region
Dengan fitur ini, Anda bisa dengan bebas mengambil screenshoot dari layar Anda dalam berbagai ukuran.
Capture Freehand Region
Kalau Anda ingin mengambil gambar screenshoot dalam bentuk yang  acak, Anda bisa melakukannya dengan fitur yang satu ini.
Capture Full Screen
Fitur yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshoot seluruh gambar di layar komputer Anda.
Capture Scrolling Window
Fitur Capture Scrooling Window ini berguna ketika Anda memiliki sebuah jendela yang sangat panjang dan tidak seluruhnya tercover dalam layar komputer.
Capture Fixed Region
Capture Fixed Region ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshoot dengan ukuran yang pasti. Anda pun bisa mengatur ukuran gambar sesuai dengan keinginan.
Screen Recorder
Fitur terakhir yang dipunyai oleh aplikasi ini adalah Screen Recorder. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam segala aktivitas yang terjadi di dalam layar komputer dan menyimpannya dalam bentuk video.
Setelah Anda berhasil mengambil screenshoot gambar yang Anda inginkan, Andapun bisa melakukan berbagai jenis pengeditan. Fasilitas pengeditan yang disediakan oleh aplikasi ini pun hampir mirip dengan aplikasi Paint yang secara default tersedia dalam komputer Windows. Selanjutnya, Anda pun bisa me-resize gambar yang telah Anda tangkap. Dan, kalau Anda menginginkan agar gambar yang ter-capture dimasukkan dalam Microsoft Word, Anda bisa melakukannya dengan satu klik.


Sumber: http://blog.fastncheap.com/faststone-capture-berikan-cara-mudah-capture-gambar-di-komputer-windows/#ixzz2L93TNfXY

0 komentar:

Posting Komentar