13.2.13

Seringnya kita menyimpan beberapa berkas pribadi dalam komputer kantor. Kadang kita khawatir disaat komputer sedang dipinjam rekan kerja, sedang berkas pribadi tersebut bisa saja diakses oleh siapapun pengguna komputer.

Engkripsi data menggunakan LockBox
Kini dengan aplikasi bernama My Lockbox, Anda bisa memberikan
keamanan khusus terhadap folder yang merupakan berkas pribadi Anda dalam komputer. Unduh aplikasinya di http://fspro.net/my-lockbox/. Keunggulan aplikasi pengaman ini selain mengunci dan memasang password pada folder yang ditentukan, aplikasi ini juga menyembunyikan folder tersebut. Sehingga tidak akan terlihat pada windows explore saat folder masih dalam mode “terkunci”.
Awal tampilan My Lockbox akan meminta pengguna untuk memasang password, dimana password ini berguna untuk membuka aplikasi nantinya. Selanjutnya akan muncul menu utama dan pengguna bisa menentukan folder mana yang ingin “dilindungi” oleh My Lockbox.
LockBox Free untuk Enkripsi Data
Pada contoh artikel ini, saya mencoba menyembunyikan folder Counter-Strike Xtreme V6 yang terletak pada directory D: dalam harddisk komputer kantor. Dengan klik tombol Set yang terletak pada menu bar sisi atas, lalu pilih folder yang ingin disembunyikan (ex. Counter-Strike Xtreme V6 ).
Tips engkripsi dokumen
Jika folder telah sesuai, rubah status folder dari Unlocked ke Locked dengan cara klik menu bar yang terletak di sisi kiri. kini disaat melihat folder-folder melalui windows explore, folder yang bernama Counter-Strike Xtreme V6 tidak lagi terlihat dan terkunci.
Contoh penggunaan My LockBox
Untuk dapat melihat dan menggunakan kembali folder yang disembunyikan dan di-password tadi, cukup dengan membuka kembali My Lockbox dan merubah status Locked menjadi Unlocked. My Lockbox menjadikan Anda lebih lega saat meninggalkan berkas pribadi di komputer kantor, karena aplikasi ini akan menyembunyikan dan meng-enkripsi berkas Anda dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar