18.2.13


Dengan tujuan tertentu terkadang pengguna ingin menyembunyikan partisi hard disk komputer sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna lain atau anak-anak yang cenderung tanpa sengaja merusak data komputer. Meskipun terdapat banyak sekali aplikasi di luaran sana yang mengklaim dapat membantu pengguna komputer dalam menyembunyikan partisi, tetapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah tanpa harus mendownload dan menginstal aplikasi tambahan.
Menyembunyikan partisi hardisk
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana menyembunyikan partisi hard disk sehingga tidak ada seorang pun yang dapat mengaksesnya bahkan Anda.

Sejatinya ada 2 cara yang dapat dilakukan apabila kita berbicara tentang partisi dan trik menyembunyikan, tetapi pada kesempatan ini saya hanya akan mengulas 1 trik saja, mungkin di lain kesempatan saya akan ulas trik kedua untuk Anda. Saya tekankan bahwa cara ini tidak sulit, jadi abaikan aplikasi apapun yang menawarkan kemampuan serupa.
  • Sebagai trial, saya sudah membuat sebuah virtual disk Z seperti yang terlihat di dalam gambar di bawah ini, saya akan menggunakan trik ini untuk menghilangkan disk Z, yuk kita mulai saja.
Menyembunyikan partisi pada Windows 7
  • Pertama klik tombol start lalu ketikkan diskpart pada kotak pencarian dan otomatis sistem akan menampilkan beberapa pilihan menu, temukan menu diskpart lalu klik, dan klik tombol Yes pada jendela dialog konfirmasi.
Partisi hardisk tersembunyi pada Windows 7
  • Maka kemudian Anda akan melihat sebuah jendela command prompt, ketikkan list volume dan tekan enter.
Cara mudah menyembunyikan partisi Windows 7
  • Di dalam layar akan ditampilkan daftar partisi hard disk yang ada di dalam komputer Anda, perhatikan di dalam gambar terdapat Volume 0 yang menunjukkan volume baris drive Z yang hendak kita sembunyikan. Ketikkan select volume 0 kemudian tekan enter. Atau jika Anda ingin menyembunyikan drive D maka ketikkan select volume 2 di mana terdapat baris drive D.
Pemilihan partisi yang ingin di hidden
  • Command prompt akan menampilkan teks Volume 0 is the selected volume, pada baris di bawahnya ketikkan remove letter Z, atau ketikkan remove letter D apabila Anda ingin menyembunyikan drive D.
Hidden partition on Windows 7
  • Apabila berhasil maka command prompt akan menampilkan teks DiskPart successfully removed the drive letter or amount point. Sampai di sini drive Z telah berhasil di sembunyikan.
Partisi hard disk drive Windows 7 yang tersembunyi
  • Sampai di sini kemudian apabila saya buka Windows Explorer maka drive tersebut sudah tersembunyi dari siapapun bahkan termasuk saya. Anda dapat melakukan trik serupa untuk drive lainnya termasuk C dan D. Apabila Anda ingin menampilkan kembali drive yang tersembunyi, cukup ketikkan assign letter Z atau assign letter D atau assign letter C.
Partisi hardisk Windows 7 yang disembunyikanDengan menyembunyikan partisi hard disk di Windows 7, Anda dapat meningkatkan level keamanan terutama apabila Anda memiliki data-data pribadi yang bersifat rahasia agar tidak terjangkau oleh pengguna lain, atau dari gangguan anak-anak yang terkadang tanpa sengaja menghapus atau memindahkan file. Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat.


Sumber: http://blog.fastncheap.com/trik-menyembunyikan-partisi-hard-disk-pada-windows-7/#ixzz2LKIJymVs

0 komentar:

Posting Komentar