13.2.13

Begitu banyak akun layanan yang tersedia di internet, dimana pada setiap pembuatan akun akan diminta mendaftarkan username dan password. Terkadang demi keamanan kita akan menggunakan password yang berbeda, hingga saat password salah satu akun diketahui orang maka akun yang lainnya akan tetap terjaga karena password yang berbeda.

Cara menyimpan password di satu tempat menggunakan 1Password
Hal ini kadang membuat lupa password pada akun tertentu, dan akhirnya kita tidak bisa masuk pada akun pribadi. Anda bisa menghindari hal seperti ini, dengan menggunakan aplikasi bernama 1Password. Anda bisa mendapatkan aplikasinya di
https://agilebits.com/onepassword.
1Password mendukung platform ternama saat ini seperti Mac, Windows, iPhone, iPad dan Android. Fungsi dari aplikasi sangatlah sederhana, yaitu digunakan untuk menyimpan password akun yang Anda miliki mulai dari e-mail, jejaring sosial, aplikasi online, akun game hingga pin ATM. Pada tampilan awal Anda akan diminta untuk membuat Master Password yang nantinya digunakan masuk kedalam aplikasi ini. Perlu diperhatikan bahwa Master Password ini tidak akan bisa di-restore atau dikembalikan jika lupa, jadi pastikan Anda mengingat Master Password dengan baik.
Tampilan awal halaman 1Password
Setelah masuk akan terdapat berbagai macam menu pilihan yang disesuaikan dengan akun yang ingin Anda simpan di dalam 1Password.
Pilih menu Login, Wallet Item, Account, Software, Secure Notes dan Identity yang terdapat pada sisi atas. Selanjutnya masukkan segala informasi yang selama ini harus Anda ingat seperti username, password, catatan, pin dan hal lainnya yang berhubungan dengan akun tersebut.
Tampilan awal halaman 1Password
Klik ok jika data dan informasi akun telah selesai, agar nantinya akan tersimpan di 1Password. Disaat kelupaan password dari salah satu akun yang sudah Anda simpan di 1Password, cukup masuk kembali ke aplikasi ini lalu double klik akun yang dimaksud.
Contoh penggunakan 1 Password
Akan muncul tab baru dimana akan menampilkan segala informasi yang berkaitan dengan akun Anda. Sangat praktis dan membantu!
Proses memasukkan password ke dalam 1 Password
Jika memiliki akun Dropbox, maka data yang tersimpan pada 1Password di PC atau laptop bisa disinkronkan dengan semua gadget Anda (saat ini mendukung iOS dan Android ). Masuk ke File > Preference > General lalu pilih Move to Dropbox, maka data dari aplikasi ini akan tersinkron dengan Dropbox Anda.
Sinkrinisasi penggunaan 1Pawwrod dengan DropBox
Setelah mengunduh aplikasi 1Password melalui market pada gadget Anda (Android dan iOS), sinkronkan dengan Dropbox. Sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan konfigurasi segala data yang tersimpan di aplikasi ini saat sedang mobile. Pada artikel ini saya melakukan sinkronisasi aplikasi di smartphone Android.
Proses sinkronisasi dengan DropBox
Kini dengan 1Password Anda hanya perlu mengingat 1 Master Password, semua data, password dan konfigurasi akun yang Anda miliki akan tersimpan dengan rapi.

0 komentar:

Posting Komentar