16.2.13


Microsoft Excel dan Word tentu bukan aplikasi yang sama, keduanya mempunyai kemampuan dan fitur yang sangat berbeda. Kedua produk hebat buatan Microsoft ini adalah aplikasi paling populer sepanjang sejarah teknologi aplikasi perkantoran, dengan fitur, manfaat dan kemudahan yang ditawarkan, tak heran jutaan perusahaan lebih memilih menggunakan aplikasi ini sebagai tool operasi perusahaan mereka.

Membuat huruf pangkat di Microsoft Excel
Microsoft Excel didaulat sebagai aplikasi perkantoran pengolahan data yang paling mumpuni saat ini, dengan berbagai kemampuan di dalamnya
Microsoft Excel telah berhasil memberikan tidak hanya kemudahan tapi juga akurasi dan efisiensi kepada jutaan pengguna.
Membicarakan Microsoft memang tak ada habisnya, di kepala saya ada banyak ide dan trik yang ingin sekali saya tuangkan dalam bentuk tulisan, tetapi ada banyak pula keterbatasan yang saya miliki layaknya seorang manusia dengan berbagai macam kesibukan tapi hanya punya 2 tangan. Kali ini di sela-sela kesibukan, saya coba sempatkan diri mengulas sebuah trik sederhana tapi kerap kali jadi misteri nan tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang tahu; yakni tips membuat pangkat di Microsoft Excel.
Dibandingkan Microsoft Word, pada Excel dibutuhkan langkah yang lebih panjang untuk membuat huruf atau angka pangkat, jika di MS Word Anda hanya cukup mengetikkan angka tepat di belakang satuan Meter atau kuadrat misalnya dan secara otomatis Word akan merubah angka tersebut menjadi tanda pangkat, di MS Excel Anda tidak dapat melakukan hal yang sama.
Yuk kita mulai saja tutorial ini.
  • Buka dokumen Excel kosong kemudian isikan data misalnya data luas tanah atau apapun yang menggunakan satuan luas yang membutuhkan tanda pangkat, atau anggap saja kita akan membuat angka kuadrat. Dalam kasus ini kita ingin membuat kuadrat setelah M pada cell C2, ketikkan huruf M di C2l kemudian klik kanan pada mouse Anda lalu klik Format Cells.
Proses membuat pangkat di MS Excel
  • Kemudian akan muncul kotak dialog format cells di layar Anda, pada menu Effects centang kotak Superscript lalu OK.
Format dari ketikan pangkat di Excel 2007, 2003 dan 2010
  • Dan jadilah tanda pangkat pada cell C2 tepat setelah huruf M.
Contoh kustom huruf dan pangkat di MS Excel
  • Lalu bagaimana bila Anda ingin mengaplikasikan fungsi superscript ke seluruh cell C atau di tabel huruf M tadi hingga beberapa kolom ke bawah, caranya jangan anda tarik dari kotak C2 saja, tetapi copy cell C2 kemudian pastekan ke C3 terlebih dahulu lalu blok C2 dan C3 lalu arahkan kursor ke sudut kanan bawah hingga kursor berubah menjadi simbol (+) dan tarik ke bawah sampai cell yang Anda butuhkan.
Copy dari field satu ke field lain di MC Excel
  • Tampilan akhir hasil dari langkah-langkah di atas adalah sebagai berikut
Hasil dari copy field satu ke field yang lain di Microsoft Excel
Meskipun sederhana, pembuatan tanda pangkat pada aplikasi Excel acapkali membuat beberapa pengguna menjadi frustasi karena aplikasi tidak menyediakan otomatisasi untuk keperluan ini. Demikian tips sederhana kali ini, semoga dapat membantu Anda dalam membuat dan menyusun data untuk berbagai keperluan.


Sumber: http://blog.fastncheap.com/membuat-pangkat-microsoft-excel/#ixzz2L4Jxlj5w

0 komentar:

Posting Komentar